Panduan Dasar Programmer Software Untuk Pemula

Panduan Dasar Programmer Software Untuk Pemula

Panduan dasar programmer software kami berikan untuk membantu mereka yang tertarik di bidang ini. Tentunya hal ini supaya kamu bisa lebih memahami bagaimana untuk masuk ke jenjang karir dan menyusun rincian yang paling penting. Pada dasarnya ini hampir diketahui oleh mereka yang bekerja di bidang ini. Tapi tidak ada salahnya kami memberikan informasi ini bagi orang awam yang masih banyak belum tahu.

Programmer Software sendiri adalah salah satu profesional teknologi yang paling dicari di dunia kerja. Dengan meningkatnya permintaan dan kekurangan bakat yang menyebabkan gaji besar. Programmer Software adalah bidang yang dinamis, di mana bahasa pemrograman baru, kerangka kerja, dan teknologi dapat hidup dan mati dalam beberapa tahun, dan kebutuhan pekerjaan terus bergeser.

Setiap perusahaan telah menjadi perusahaan teknologi, dengan proyek transformasi digital yang sedang berlangsung. Ini berarti bahwa permintaan untuk bakat pengembang telah meroket dalam beberapa tahun terakhir. Dan banyak yang memprediksi bahwa pekerjaan ini akan tumbuh semakin cepat dari pada bidang lain.

  • Apa saja Peran Programmer Software?

Mereka dapat mengambil sejumlah jalur karir yang berbeda. Berikut adalah beberapa peran di lapangan.

  • Programmer Software Mobile: Membangun aplikasi untuk perangkat mobile, termasuk IOS dan Android. Kemungkinan akan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, Swift, dan Objective-C.
  • Full stack: Mampu bekerja pada bagian Front-end dan back-end dari sebuah aplikasi atau website. Mereka memiliki pengetahuan khusus tentang semua tahapan pengembangan software. Hal ini termasuk server, Jaringan, database, api, antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna.
  • Front-end: Membangun situs web dengan mengubah data ke antarmuka grafis bagi pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan, menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.
  • Back-end: Membangun fungsi dan interaktivitas situs web, termasuk elemen yang memungkinkan pengguna melakukan tindakan seperti masuk, membuat akun, dan menyukai kiriman. Tergantung pada apa yang kamu ingin aplikasi web lakukan, kamu mungkin belajar bahasa termasuk Java, Python, Ruby, dan PHP.
  • Apa bahasa pemrograman terbaik untuk belajar?

Ada banyak perdebatan tentang bahasa pemrograman yang terbaik untuk belajar pada titik tertentu. Tapi ini ada beberapa bahasa pemrograman untuk panduan dasar programmer software.

  • Java: digunakan oleh jutaan pengembang dan miliaran perangkat di seluruh dunia. Java adalah bahasa resmi pengembangan Android, dan 90% dari 500 perusahaan menggunakan Java sebagai bahasa server untuk pengembangan back-end.
  • Python: Python biasanya digunakan dalam komputasi ilmiah, penambangan data, dan pembelajaran mesin. Ini adalah bahasa pemrograman yang paling cepat berkembang, dan saat ini No. 4 pada indeks TIOBE.
  • JavaScript: JavaScript digunakan oleh lebih dari 80% pengembang dan oleh 95% dari semua situs web untuk setiap logika dinamis pada halaman mereka. Beberapa Framework Front-end untuk JavaScript, seperti React dan AngularJS, akan semakin digunakan sebagai perangkat Internet Of Things (IoT) menjadi lebih populer. Jadi tidak mungkin bahwa bahasa ini akan turun dalam popularitas dalam waktu dekat.

Di luar pengetahuan teknis, pemberi kerja semakin mencari pengembang dengan soft skill yang kuat. Hal kecil ini dapat menjadi pembeda bersama kandidat yang memenuhi syarat merata jauh lebih banyak dari pada sertifikasi. Dalam lingkungan ultra kompetitif saat ini, seorang programmer keterampilan lembut hampir sama pentingnya dengan keterampilan keras https://oneberita.com.

Dengan panduan dasar programmer software seperti diatas, ini bisa menjadi acuan jika kamu berminat bekerja di di bidang ini. Mungkin masih banyak hal lain yang perlu kamu tahu selain yang kami berikan. Tapi setidaknya dengan hal ini kamu lebih sedikit akan paham seluk beluknya.